Kesehatan

Apa Kualitas Layanan Kesehatan?

Pelacak data COVID-19 IHI dapat membantu para pembuat keputusan memahami apakah upaya untuk mengurangi penyebaran COVID-19 mengarah pada perbaikan. Organisasi kesehatan dan masyarakat New Orleans bekerja sama untuk meningkatkan hasil dan mengurangi ketidaksetaraan rasial bagi orang kulit hitam yang baru lahir. Dokumen IHI putih baru menggambarkan pendekatan yang lebih holistik yang mengintegrasikan perencanaan kualitas di seluruh perusahaan, kontrol kualitas dan kegiatan peningkatan kualitas.

quality healthcare

Tingkat pertama yang lebih sempit adalah tingkat layanan kesehatan, yang mungkin termasuk perawatan preventif, akut, kronis dan paliatif (Arah et al., 2006). Pada tingkat ini, tampaknya ada konsensus bahwa “kualitas perawatan adalah sejauh mana layanan kesehatan untuk individu dan populasi yang efektif, aman dan berpusat pada manusia”. Hal ini tercermin dalam dua laporan Organisasi Kesehatan Dunia yang diterbitkan pada tahun 2018, sebuah buku pegangan tentang kebijakan dan strategi kualitas nasional, dan panduan untuk memfasilitasi pemahaman yang komprehensif tentang kualitas dalam perawatan kesehatan universal (WHO / OECD / Bank Dunia, 2018). Krisis kesehatan masyarakat utama – seperti wabah penyakit yang sangat menular – adalah prioritas bagi negara-negara. Untuk memastikan ketahanan sistem kesehatan, mereka membutuhkan perawatan kesehatan berkualitas yang disediakan jika terjadi keadaan darurat kesehatan masyarakat, sambil mempertahankan dan memperbaikinya.

Beberapa organisasi telah mendefinisikan langkah-langkah untuk menentukan kualitas, karena penyedia, pasien dan pembayar memiliki pandangan dan harapan yang berbeda tentang kualitas. Situasi yang kompleks ini merupakan tantangan, mengingat bahwa, dalam banyak kasus, tingkat kualitas tidak sebanding antara organisasi dan ada masalah portabilitas dan penggabungan antar sistem. Untuk mengukur kualitas perawatan kesehatan karena alasan ini, kualitas kualitas longitudinal karena itu menyediakan kerangka kerja yang substansial dari mana peneliti dapat bekerja di sektor kesehatan. Asosiasi Akreditasi untuk Perawatan Kesehatan Rawat Jalan didirikan pada tahun 1970 untuk meningkatkan kualitas kesehatan pasien yang dirawat oleh organisasi kesehatan rawat jalan, dengan menetapkan standar akreditasi kesehatan rawat jalan, seperti untuk JCAH. Badan Penelitian dan Kualitas Kesehatan didirikan pada tahun 1989 untuk meningkatkan kualitas, keamanan, efektivitas dan efisiensi perawatan kesehatan melalui penelitian.

IQH mempromosikan perawatan medis berkualitas dan telah bekerja dengan penyedia di berbagai fasilitas kesehatan selama lebih dari 40 tahun. Melalui program penghentian merokok dan pencegahan, IQH bekerja untuk meningkatkan kesehatan warga Mississippi. Keberhasilan ini telah diakui oleh kolaborator IQH yang berkomitmen, yang melatih dan bertukar metode berbasis bukti untuk mempromosikan perubahan signifikan dalam meningkatkan kualitas pemasok.

Kinerja teknis dievaluasi dari sudut pandang kualitatif, tanpa memperhitungkan hasil aktual – misalnya, jika dokter memperlakukan sesuai dengan pedoman, tetapi kesehatan pasien tidak membaik, kualitas “kinerja teknis” tetap tinggi pada skala ini. Sebagai contoh, tinjauan Cochrane menemukan bahwa pengingat yang dihasilkan komputer memungkinkan dokter untuk meningkatkan kepatuhan terhadap kebijakan dan standar pengobatan. Namun, ada kurangnya bukti untuk menentukan apakah ini mempengaruhi hasil kesehatan yang berpusat pada pasien atau tidak. Badan Penelitian dan Kualitas Kesehatan adalah organisasi pemerintah pusat yang mengumpulkan laporan publik tentang penilaian kualitas kesehatan untuk meningkatkan keselamatan dan kualitas perawatan kesehatan. AHRQ bekerja dengan Departemen Kesehatan dan Layanan Perawatan Kemanusiaan AS untuk memastikan bahwa bukti dipahami dan digunakan oleh komunitas medis untuk meningkatkan kualitas perawatan. Kualitas perawatan kesehatan adalah tingkat nilai yang diberikan oleh setiap sumber daya kesehatan yang ditentukan oleh ukuran.

Donabedian umumnya mendefinisikan kualitas sebagai “kemampuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan cara yang sah.” Definisi ini mencerminkan fakta bahwa istilah “kualitas” tidak spesifik untuk perawatan kesehatan dan digunakan oleh banyak orang yang berbeda di berbagai sektor masyarakat. Istilah kualitas digunakan ketika mereka menggambarkan sejumlah aspek positif dari rumah sakit dan dokter, tetapi juga ketika mereka berbicara tentang makanan atau mobil. Memang, meluasnya penggunaan gagasan kualitas menjelaskan beberapa kebingungan seputar konsep kualitas kesehatan ketika pembuat kebijakan atau peneliti menggunakan istilah ini untuk merujuk pada semua jenis sifat positif atau diinginkan dari sistem kesehatan. Namun, Donabedian juga menawarkan definisi kualitas perawatan yang lebih spesifik dan menjelaskan bahwa “diharapkan dapat memaksimalkan tingkat kesejahteraan yang inklusif bagi pasien, setelah mempertimbangkan keseimbangan manfaat dan kerugian yang diharapkan yang menyertai proses perawatan di semua bagiannya.” Ada penelitian tentang sejumlah besar pendekatan atau strategi untuk memastikan atau meningkatkan kualitas perawatan, yang sering berfokus pada organisasi atau sektor perawatan tertentu (perawatan darurat, perawatan ibu, dll.). Bukti ini telah memberikan kontribusi untuk pemahaman yang lebih baik tentang efektivitas intervensi tertentu di lingkungan tertentu untuk kelompok pasien tertentu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button